Cara Membuat Iklan Video Facebook yang Mendapat Perhatian

Video adalah salah satu alat paling ampuh untuk menyampaikan pesan Anda secara efektif kepada audiens Anda di internet. Banyak merek populer yang serius ingin dilihat oleh audiens target mereka menggunakan video dalam strategi pemasaran mereka.

 

Terlepas dari tujuan bisnis Anda, berinvestasi dalam iklan video dapat menjadi cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan audiens target Anda. Selain itu, video dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan lain, seperti meyakinkan pengguna untuk mengunjungi situs Anda, mendemonstrasikan atau menjual produk, atau membiasakan audiens dengan layanan Anda.

 

Untuk membuat iklan video yang menarik, Anda selalu dapat menggunakan editor video online. Ada banyak pilihan yang tersedia di internet, dan Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dengan cepat dan efisien.

 

Apakah berinvestasi di Iklan Facebook sepadan?

 

Sebelum menyelami bagaimana Anda dapat membuat iklan Facebook yang mendapatkan perhatian yang diinginkan, mari kita luangkan waktu sejenak untuk memahami apakah berinvestasi dalam iklan Facebook layak atau tidak.

 

Meskipun tetap berhubungan dengan pelanggan Anda saat ini adalah satu hal, tetap relevan mengharuskan Anda untuk mencari cara untuk terlibat dengan banyak pelanggan potensial secara teratur. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui iklan Facebook. Selain itu, Facebook memungkinkan Anda menargetkan orang-orang dengan profil demografis tertentu untuk memastikan bahwa iklan Anda menjangkau audiens yang tepat. 

 

Iklan video atau Iklan teks – mana yang lebih baik?

 

Video Facebook mendapatkan rata-rata 8 miliar tampilan setiap hari. Selain itu, pengguna Facebook melihat 100 juta jam video setiap hari. Mempertimbangkan angka-angka ini, iklan Facebook Anda pasti akan menemukan cara untuk menonjol di antara pesaing Anda. 

 

Tidak seperti iklan teks atau foto, iklan video membantu menceritakan kisah kepada pelanggan Anda, menjual produk, dan/atau menjelaskan layanan Anda dengan cara yang jauh lebih efektif. 

 

Tips membuat iklan video Facebook yang menarik perhatian

 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat iklan video Facebook yang pasti akan menarik perhatian audiens target Anda:

 

  1. Membuat konten yang eye-catchy

 

Meskipun Facebook memutar iklan video secara otomatis , Anda harus cukup menarik perhatian pengguna agar mereka tidak menggulir iklan Anda. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda dapat menyampaikan pesan dalam beberapa detik pertama iklan video, atau mencari cara untuk membuat penonton cukup penasaran agar mereka tetap bertahan sampai akhir. 

 

Eksperimen Nielsen baru-baru ini mengungkapkan bahwa sekitar 74% dari dampak iklan video Facebook dapat dicapai dalam 10 detik pertama video. Jadi, buat iklan video Anda kreatif agar singkat namun berdampak.

 

Setelah Anda menarik perhatian audiens, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa mereka terus menonton iklan video. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menceritakan kisah yang baik dan menarik. Membuat penonton tetap terlibat dengan plot atau karakter dalam video membuat mereka lebih cenderung menontonnya sampai akhir.

 

  1. Pastikan iklan video Anda berfungsi bahkan dalam mode bisu

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 85% pengguna Facebook menonton iklan video tanpa suara. Alasan di balik ini adalah bahwa Facebook memutar iklan video secara otomatis. Inilah sebabnya mengapa video Anda harus berfungsi bahkan ketika suara dimatikan.

 

Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan bahwa iklan video Anda berfungsi bahkan dengan suara dimatikan:

 

  • Menggunakan judul dan subtitel yang dicetak tebal

Terlepas dari apakah video dibisukan atau tidak, Anda dapat menambahkan judul dan subtitel yang dicetak tebal ke video Anda. Dengan cara ini, meskipun video dalam keadaan bisu, subtitle yang menarik perhatian akan bekerja untuk Anda.

 

  • Menceritakan kisah secara visual

Dalam beberapa kasus, adalah mungkin untuk menceritakan sebuah kisah hanya dengan gerakan. Misalnya, Anda dapat membuat iklan video di sekitar garis karakter yang menceritakan kisah melalui gerakan. Kemudian, ada kemungkinan audiens target Anda menganggap video tersebut cukup menarik untuk ditonton hingga akhir.

 

  • Menambahkan animasi

Animasi pada dasarnya bersifat visual dan berfungsi sama baiknya bahkan saat video dimatikan. Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat skrip yang menarik untuk iklan video Anda yang berfungsi bahkan tanpa sulih suara.

 

  • Menambahkan opsi ‘ketuk untuk suara’

Beberapa jajak pendapat menunjukkan bahwa sekitar 80% Facebook pengguna merasa terganggu ketika iklan video mulai diputar secara otomatis. Terkadang, hal ini malah membuat mereka berpikir negatif tentang sebuah merek. 

 

Alih-alih audiens target Anda menjadi terganggu dan, dengan demikian, tidak terlibat dengan konten Anda, Anda dapat mendesain iklan video Anda dengan opsi ‘ketuk untuk suara’. Dengan cara ini, jika beberapa pengguna ingin menonton iklan video Anda dengan suara, mereka akan bebas menggunakan opsi ini secara bebas. 

 

Selalu ingat bahwa meskipun sedikit orang yang lebih suka menonton iklan video Facebook dengan suara, itu tetap relevan untuk promosi merek Anda. 

 

  1. Tambahkan ajakan bertindak

 

Terakhir, tambahkan ajakan bertindak seperti ‘beli produk ini di sini’ atau ‘klik di sini untuk mendapatkan uji coba gratis layanan kami’. Dengan cara ini, jika pengguna benar-benar tertarik dengan merek Anda, mereka akan memiliki opsi untuk memeriksa situs web Anda atau lebih banyak karya Anda di internet dengan mengikuti tautan terlampir. 

 

Selain itu, jika Anda mempromosikan layanan yang ditawarkan merek Anda, menggunakan frasa kunci seperti ‘gratis’ dalam ajakan bertindak dapat berdampak positif pada minat dan perhatian audiens. 

 

Kesimpulan

 

Jika Anda tidak menggunakan media sosial platform, terutama Facebook, merek Anda mungkin akan kehilangan banyak hal. Karena sebagian besar pengguna menghabiskan sebagian besar hari mereka untuk menelusuri Umpan Berita mereka di Facebook, itu akan menjadi ide bisnis yang baik untuk berinvestasi dalam iklan video di platform.

 

Berikut adalah hal lain yang perlu Anda ingat sebelum Anda mulai membuat iklan video Facebook: Untuk menarik perhatian pengguna Facebook pada iklan video di feed mereka, penting agar iklan terlihat lebih seperti konten organik dan tidak seperti konten berbayar. 

 

Memastikan bahwa konten video Anda menarik adalah suatu keharusan. Anda tidak ingin pengguna melihat video Anda sekali saja dan menggulir ke bawah ke video berikutnya. Jika Anda mengikuti panduan yang disebutkan di atas, kami yakin bahwa merek Anda akan segera booming di Facebook dan mendapatkan lebih banyak tanggapan positif dari pengguna.