Tips Cara Mengatasi Smartphone Yang Terkena Air

Cara Mengatasi Smartphone Kena Air – Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang cukup rentan dengan air. Meskipun sudah ditemukan teknolog anti air, namun mengingat harga yang tidak murah, sehingga tidak semua smartphone menggunakan fitur tersebut khususnya untuk smartphone kelas bawah. Berhubungan dengan hal tersebut, kali ini saya akan membahas langkah-langkah yang dilakukan saat smartphone terkena air.

Cara Mengatasi Smartphone Yang Terkena Air

Cara Mengatasi Smartphone Yang Terkena Air

  1. Ambil dan Matikan smartphone

Agar tidak terjadi konsleting dan air masuk secara berlebih, segeralah ambil smartphone Anda dan matikan.

 

  1. Lepas baterai smartphone

Langkah awal yang harus dilakukan adalah melepas bagian back cover dari smartphone dan keluarkan baterainya. Langkah ini dapat dilakukan bagi Anda yang menggunakan baterai berjenis Removable.

 

  1. Lepas memori eksternal dan SIM card

Agar proses pengeringan berjalan lebih baik, lepaslah memori card dan SIM card dari tempatnya. Hal tersebut juga bertujuan agar memori card dan SIM card tidak terkena korosi dan memastikan agar data Anda tetap aman. Langkah ini dilakukan pada peragkat dengan baterai removable maupun non removable.

 

  1. Keringkan dengan menggunakan bahan yang bersifat menyerap air

Salah satu bahan yang bersifat menyerap air di sekitar kita adalah beras. Untuk mengringkan smartphone Anda caranya cukup mudah, cukup masukan smartphone Anda kedalam semangkuk berasa selama beberapa jam. Agar lebih efektif, Anda dapat membolak-balikan ponsel Anda, agar penyerapannya lebih merata.

 

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengeringkan perangkat Anda di bawah sinar lampu selama semalaman, agar air yang berada pada smartphone mengering.

 

  1. Nyalakan perangkat anda

Setelah smartphone Anda sudah benar-benar kering, pasang kembali baterai, SIM card, dan memori card pada perangkat Anda. Setelah itu coba nyalakan perangkat Anda. Jika berhasil, ponsel pintar Anda akan menyala dan berfungsi normal, namun jika gagal segeralah bawa ke Service Center yang terpercaya.

 

Baca juga :

Cara Menghemat Penggunaan Baterai Android

Beberapa Aplikasi Launcher Terbaik untuk Android

 

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan adalah banyak sedikitnya air yang masuk kedalam ponsel. Jika hanya terkena cipratan, atau hanya terkena sedikit air hujan kemungkinan berhasil akan jauh lebih tinggi. Ulasan terbaru kami yang bertajuk Tips Cara Mengatasi Smartphone Terkena Air diatas semoga membantu anda dalam menyelesaikan masalah gadget terkena air.