Menjelajahi Keindahan Wisata Alam Banyuwangi Yang Instagrammable

Meskipun letaknya di Pulau Jawa, ada kemungkinan banyak dari Anda yang belum pernah menginjakkan kaki di Banyuwangi. Kota di ujung timur Jawa ini merupakan ‘jembatan’ penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Maka, jangan heran jika beberapa tradisi dan kesenian di Banyuwangi juga memiliki sedikit kemiripan dengan Bali.

Bahkan, di awal tahun 2016 lalu, Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) Banyuwangi mendapatkan penghargaan berupa UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism. Setidaknya ada tiga buah destinasi wisata di Banyuwangi yang namanya sudah mendunia, makanya, sayang sekali kalau Anda yang orang Indonesia saja belum pernah berkunjung ke tempat yang dijuluki The Sunrise of Java ini.

 

Ingin kesana untuk pertamakalinya? Anda bisa cek tiket pesawat murah keBanyuwangi, dijamin, setelah sampai disini, anda bisa mendapat pengalaman liburan yang memorable.

1. Mendengar Angin “Bernyanyi” – Pulau Tabuhan

Dinamakan Pulau Tabuhan, karena jika anda dengar, angin yang berhembus di sini sayup-sayup terdengar seperti tetabuhan musik. Pulau ini juga dikenal sebagai destinasi favorit para penggemar aktivitas kite-boarding (selancar layang) atau wind surfing (selancar angin), bahkan tempat ini pernah jadi lokasi event kite surfing bertaraf internasional. Selain itu, kawasan Pulau Tabuhan pun mempunyai keindahan dasar laut, yaitu berupa terumbu karang dan ikan berwarna-warni, menjadikan tempat ini jadi tempat yang ideal untuk snorkeling.

Jika anda malas basah-basahan, Anda bisa melakukan aktivitas bird watching, di sini anda bisa melihat burung-burung langka, seperti Burung Maleo dan Enggang Gading yang dilindungi, atau menikmati keindahan pantai dengan bermain ayunan ala Gili Trawangan. Ya, pulau mungil ini banyak menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona, hamparan pasir putih dan air bening dengan gradasi nan indah di sepanjang pantainya, membuat siapapun terlena oleh pesonanya.

Lokasi: Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi

 

2. Miniatur Raja Ampat Yang Tidak Akan Menguras Kantong – Waduk Bajulmati

Apakah berwisata ke Raja Ampat- Papua adalah destinasi wisata impian anda?  Tetapi uang abungan anda belum banyak terkumpul untuk bisa berkunjung kesana? Mengapa tidak coba cari alternatif lain yang lebih murah, dan tak kalah cantiknya? Memangnya ada? Tentu saja ada, namanya Waduk Bajulmati, yang terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo, JawaTimur. Waduk yang baru saja dibuka setahun yang lalu, tepatnya pada bulan Juli 2016, selain mampu menampung 10 juta meter kubik air, juga memiliki panorama keindahan yang mirip dengan Raja Ampat – Papua.

Dinamakan miniatur Raja Ampat, dikarenakan adanya gundukan-gundukan menyerupai pulau-pulau kecil di area waduk. Dan jika anda ingin mendapat spot foto seperti di Wayag, Raja Ampat, pergilah ke area gazebo, Anda juga bisa berfoto di sepanjang jalanwaduk yang tak kalah fotojenik. Selain keindahan waduknya, fasilitas pendukung di Waduk Bajulmati pun  cukup beragam, mulai dari ATV, speed boat, sarana outbound sampai kafe. Sangat menarik bukan?

 

Waduk Bajulmati
Lokasi: Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, JawaTimur
Jam Operasional: 08.00 – 16.00
Tiket Masuk: Gratis

Kendaraan: Rp5.000,-/motor | Rp10.000,-/mobil

 

3. Ekspedisi Di Alam Bebas Ala “Little Afrika” – Taman Nasional Baluran

Jika anda senang berpetualang di alam bebas, cobalah untuk berkunjung ke taman nasional ini. Disini Anda seolah akan dibawa pergi ke benua Afrika, karena di sini terdapat padang savanna terluas di Pulau Jawa dan terdapat beragam spesies hewan juga tumbuhan.Saat berkunjung kesini, Anda akan menyaksikan pemandangan kawanan rusa yang berlarian bebas, merak yang menyibakkan ekornya dengan anggun, melihat gerombolan banteng, belasan elang yang terbang mencari buruan, sampai sekumpulan monyet yang bergelantungan di pohon, ada juga kancil, bangau, dan masih banyak lagi.

Benar-benar seperti sedang melakukan wisata safari di Afrika! Bagi Anda yang gemar fotografi, persiapkan diri anda untuk sibuk “berburu foto”. Untuk semakin menikmati suasana “safari” Anda pun bisa berkemah kawasan taman nasional ini, karena pihak pengelola telah menyediakan camping ground juga wisma yang sudah dilengkapi dengan kamar mandi dan instalasi air yang memadai, dan tentunya semua itu dibandrol dengan harga yang terjangkau. Tapi ingat, jika berkunjung kesini, jangan sampai Anda mengganggu, merusak, atau berburu flora dan fauna ya.

Taman Nasional Baluran
Lokasi: Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi, Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Koordinat di sini.
Telepon: 0823 3221 3114 / 0333-461 936
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 (Minggu – Jumat)
Tiket Masuk: Rp15.000,- (Hari Biasa) Rp17.500,- (Akhirpekandanliburnasional)

 

Menarik bukan? Tentu sekarang tak ada lagi alasan untuk tidak menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi favorit liburan Anda dan keluarga. Ayo, segera cek harga dan beli tiket pesawat online ke Banyuwangi, di Reservasi.com. Selamat berlibur!