Mengatur Direktori File Android

Viateknologi.com – Meskipun jumlah pengguna Smartphone Android kini mulai meningkat tajam, namun tidak sedikit yang masih belum mengerti bagaimana cara mengatur pengolahan file atau data pada ponsel tersebut. Terlebih lagi sekarang perangkat Android mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, sehingga kita dapat menyimpan berbagai file sesuai keinginan kita seperti musik, gambar, video, dll. Dengan kapasitas yang begitu besar, maka kita akan mengalami kesulitan dalam mengatur file-file yang tersimpan di dalamnya. Berikut akan dijelaskan apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatur file pada ponsel Android.

Mengatur direktori file android 1

Pertama, anda perlu mengetahui tentang aplikasi file manager, yaitu aplikasi yang berfungsi mengatur file-file atau data yang terdapat di ponsel Android. Aplikasi ini dapat melihat macam-macam file yang ada di ponsel/tablet, membuat folder baru, menghapus, menyalin, atau memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi lainnya, mengganti nama file, dll. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan anda dapat mengatur file-file yang tersimpan di dalam ponsel dengan mudah dan lebih terorganisir. Ada beberapa tablet atau ponsel Android yang sudah memiliki aplikasi ini sejak diaktifkan, namun ada juga yang belum.

Cara Mengatur Direktori File Android

Mengatur direktori file android 2

Anda dapat menginstal aplikasi File Manager buatan pihak ketiga dari Android market, pilihannya pun sangat banyak seperti File Expert, ES File Explorer File Manager, ASTRO File Manager / Browser, X-Plore File Manager, File Manager, Dual File Manager XT, dan masih banyak lainnya yang tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kemudian cara membuat folder pada android akan sedikit berbeda-beda tergantung dengan aplikasi file manager yang anda pakai. Secara garis besar untuk membuat folder baru cukup tekan tombol MENU lalu pilih Create kemudian pilih New Folder.

Mengatur direktori file android 3

Salah satu aplikasi untuk pengaturan file manager yang sudah dikenal oleh beberapa pengguna android adalah Es File Explorer. Tetapi jika file ingin dipindahkan ke tempat folder yang lain masih agak membingungkan. Pasalnya layar pada android yang didesain kecil kurang dapat memanipulasi file. Tapi sekarang kita dapat menggunakan pengaturan file dengan dua panel yang dapat memindahkan file dengan waktu yang cepat.

Karena dual panel, jadi artinya kita dapat membuka sekaligus dua folder dan dapat dipindahkan ke folder yang lainnya. Hanya tinggal drag file ke tempat folder lain. Begitu mudahnya bukan cara menggunakan Es File Explorer. Sehingga dengan menggunakan Es File Explorer anda dapat memindahkan file yang satu ke tempat lain.