Cara Menjadikan Ponsel Android Sebagai USB Flashdisk

Advertisement

Viateknologi.comCara Menjadikan HP Sebagai USB Flasdisk – Saat ini, dengan memiliki sebuah ponsel berbasis android, pekerjaan-pekerjaan penting dapat terbantu. Misalnya anda bisa membuat sebuah tulisan melalui android. Jika android anda memiliki kartu SD, maka anda bisa menggunakan ponsel anda untuk membuat, mengedit dan menyelesaikan berbagai macam file. Kalaupun file itu belum selesai, atau masih harus diselesaikan di tempat lain, anda bisa memperlakukan android layaknya flashdisk.

Menggunakan Android sebagai flashdisk3

Untuk melakukannya, pertama hubungkan android ke usb port yang terdapat pada komputer melalui kabel data usb. Kemudian pilih opsi “mass storage” ketika muncul pop up di perangkat android. Jika anda ingin melakukan ini setiap kali hendak menjadikan perangkat android sebagai modem, pilih opsi “always ask”, lalu klik “done”. Tunggu hingga muncul pop up berikutnya pada perangkat android. Anda akan ditanyai apakan anda ingin mengaktifkan USB storage pada perangkat android. Klik opsi Ok. Kemudian, mount perangkat android ketika diminta. Biasanya pada kebanyakan  sistem operasi, hal itu terjadi secara otomatis, jadi tidak perlu mount secara manual. perangkat anda mungkin akan dikenali sebagai  ‘SD card” pada komputer, namun itu tergantung dari sistem operasi yang digunakan.

Menggunakan Android sebagai flashdisk2

Kemudian buka file manager (misalnya windows explorer pada windows) di komputer anda dan cari letak perangkat android. Kemudian buat folder baru di dalamnya. Berikan nama yang unik dan sesuai keinginan. ini akan menjadi home directory pada pada ponsel. Anda bisa membuat, mengedit, dan menyimpan file pada folder yang baru saja anda buat  di dalam ponsel anda.

Menggunakan Android sebagai flashdisk1

Jika anda sudah selesai dengan pekerjaan anda, ponsel android perlu dicabut (unplug) secara aman. Untuk mengeluarkan ponsel android,  anda cukup melakukan klik kanan pada “SD Card” dan pilih opsi Eject. Tunggu hingga muncul pop up yang menyebutkan bahwa  kartu SD dapat di-unplug secara aman. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah mencabut perangkat android tanpa di-eject terlebih dahulu. Hal ini akan merusak file-file yang sedang anda kerjakan. Anda tentu tidak mau pekerjaan menjadi sia-sia hanya karena sedikit kesalahan yang semestinya tidak terjadi.

Advertisement