Cara Mengetahui Versi Firmware Pada Perangkat Android

Viateknologi.com – Bila anda ingin mendapatkan akses pada perangkat android anda atau melakukan instalasi custom ROM, anda perlu mengetahui firmware pada perangkat android anda. Model ponsel boleh sama, namun belum tentu memiliki firmware yang sama. Sebagian pengguna barangkali belum mengetahui apa itu firmware maupun bagaimana untuk mengetahuinya. Berikut  ulasan singkat tentang firmware dan cara mengetahuinya.

cara mengetahui versi firmware atau OS Android 1

Firmware merupakan operating system  pada perangkat android. Versinya berbeda-beda, tergantung dari pabrik yang membuatnya. Versi firmware bisa saja berbeda dengan versi sistem operasi android yang dimiliki. Secara sederhana, sistem operasi Android merupakan jembatan diantara firmware dengan software. Firmware memiliki beberapa elemen, yang semuanya penting bagi perangkat android, diantaranya sebagai berikut:

cara mengetahui versi firmware atau OS Android 2

PDA: sistem operasi android dan kustomisasi yang telah dilakukan.

Phone: pengidentifikasi aktual pada perangkat android.

CSC: parameter yang menspesifikasi bahasa dan lokasi.

Boot loader: program yang berjalan saat start up.

Sedangkan untuk mengetahui versi firmware, anda hanya perlu membuka menu pengaturan. Untuk perangkat samsung dan sony, buka menu pengaturan, lalu pilih opsi about device”. Disana akan dapat melihat beberapa informasi, seperti versi android, Baseband Version, Kernel version, Build Number. Build Number inilah yang merupakan versi Firmware. Sementara untuk HTC, sama seperti Sony dan Samsung, buka juga menu pengaturan, dan pilih opsi about device. Lalu pilih opsi software information. Disini nanti anda akan menemukan informasi seperti versi android, HTC sense Version, dan Software number. Software number inilah yang merupakan versi firmware anda. beberapa perangkat lain mungkin tidak sama, misalnya dengan membuka menu setting atau pengaturan, lalu memilih opsi “about phone”.

cara mengetahui versi firmware atau OS Android 3

Selain cara-cara yang telah disebutkan diatas, dibawah ini juga ada beberapa cara mudah untuk melihat informasi firmware pada perangkat android:

*#*#1234#*#* = untuk mengetahui PDA dan Handset

*#*#1111#*#* = untuk mengetahui versi FTA SW

*#*#44336#*#* = untuk mengetahui PDA, Phone, CSC, Build Time, Changelist number

*#*#4986*2650468#*#* = untuk mengetahui PDA, Phone, H/W, RFCallDate

*#*#2222#*#* = mengetahui versi FTA HW

Dengan menggunakan kode diatas, barangkali akan lebih mudah untuk mengetahui berbagai informasi tentang firmare pada perangkat android.