Cara Mematikan Auto Sync (Sinkronisasi) Pada Android

Viateknologi.com – Smartphone Android saat ini merupakan ponsel yang paling digemari, bahkan Google mengungkapkan bahwa setiap harinya sekitar satu juta Smartphone Android ini diaktifkan. Namun seringkali para pengguna Android mengeluhkan pulsanya yang berkurang, padahal tidak sedang menjalankan aplikasi apapun. Ternyata kita tidak menyadari bahwa secara tidak langsung ponsel Android terhubung dengan akses internet. Dimana Sistem Operasi Android bekerja secara otomatis, dengan begitu aplikasi yang sudah diinstal pada ponsel secara otomatis akan melakukan sinkronisasi dengan server. Jadi, kemungkinan sinkronisasi ini menggunakan koneksi internet pada ponsel dan secara otomatis langsung terhubung pada aplikasi tersebut meskipun sedang tidak digunakan.

Cara Mematikan Auto Sync Ponsel Android

instal file apk

Auto Sync sendiri merupakan fitur yang mengatur aplikasi agar dapat melakukan sinkronisasi dengan server Google maupun dengan server aplikasi lainnya. Jika Auto Sync menyala, maka secara otomatis aplikasi akan melakukan sinkronisasi data. Sedangkan jika Auto Sync dimatikan, maka aplikasi pada ponsel tidak akan berjalan dan anda tidak akan menerima notifikasi dari email atau jejaring sosial maupun aplikasi lainnya.

cara mematikan Auto Sync (Sinkronisasi) pada android 2

Sebenarnya sistem operasi yang otomatis seperti ini merupakan keunggulan dari Smartphone Android. Dengan melakukan sinkronisasi secara otomatis, maka kita akan mendapatkan berita terbaru secara otomatis baik melalui email maupun jejaring sosial. Jadi, hal inilah yang menyebabkan mengapa seringkali pulsa anda berkurang.

Mematikan Auto Sync di Android

cara mematikan Auto Sync (Sinkronisasi) pada android 3

Namun, jika anda merasa fitur ini tidak begitu diperlukan dan ingin berhemat pulsa, maka anda dapat melakukan sinkronisasi secara manual. Berikut adalah cara mematikan dan menyalakan sinkronisasi pada ponsel Android :

  1. Tekan tombol HOME kemudian MENU
  2. Pilih Settings (Pengaturan)
  3. Pilih Accounts & Sync (Akun & Sinkronisasi)
  4. Untuk mematikan fitur sinkronisasi, hilangkan tanda centang pada bagian Background Data (Data Latar Belakang / Data Pendukung) dan Auto Sync (Sinkronisasi Otomatis). Jika ingin mengaktifkannya lagi, maka beri tanda centang pada kedua bagian tersebut tadi.
  5. Jika ingin mengatur sinkronisasi secara otomatis untuk salah satu Akun, maka di bawah pengaturan Background Data dan Auto Sync pilih salah satu akun, dan jka ingin menyalakan sinkronisai, centang pada bagian Sync Contacts (Sinkronisasi Kontak), Sync Gmail (Sinkronisasi Gmail), Sync Calender (Sinkronisasi Kalender). Lakukan sebaliknya jika ingin mematikan sinkronisasi.
  6. Untuk melakukan sinkronisasi secara manual, maka pilih menu Accounts & Sync (Akun & Sinkronisasi), lalu pilih Akun anda, tekan MENU, pilih Sync Now (Sinkronisasi Sekarang). Untuk sikronisasi aplikasi yang lain, masuk ke aplikasi kemudian pilih Sync Now / Synchronize Now / Refresh.

Demikian cara-cara mematikan sinkronisasi pada ponsel Android. Semoga bermanfaat.